Dart #3 Dart Data Types - Part 2

Source: https://unsplash.com/@blakeconnally

Hai, terimakasih telah berkunjung ke Hobi Koding. Saat ini teman-teman sedang berada di series Belajar Dart.

Di series ini kita akan belajar Dart Basic hingga Advance.

Tipe Data

Hi kita ketemu lagi di pembahasan tentang tipe data dart seperti dijelaskan dalam materi sebelumnya tentang variabel dan tipe data dasar pada dart Dart Data Types - Part 1. kali ini kita akan melanjutkan pembahasan untuk beberapa tipe data yang belum dijelaskan

Tipe Data Dalam Dart

Terdapat beberapa tipe data dalam bahasa Dart. Seperti kebanyakan bahasa lainnya yaitu string, integer, float dan lain sebagainya.

berikut tipe data yang dapat digunakan pada Dart:

  1. Tipe Data Numerik (Angka, Number): int, double
  2. Tipe Data String: String
  3. Tipe Boolean: Boolean
  4. List
  5. Maps
  6. Dynamic Type

List

di Dart, tipe data list digunakan untuk mewakili kumpulan objek/nilai. list adalah kelompok objek yang berurutan. tipe data list di Dart identik dengan konsep array dalam bahasa pemrograman lain. sebuah array digunakan untuk menyimpan banyak nilai dalam variabel tunggal. di Dart, array adalah objek daftar/nilai, jadi kebanyakan orang hanya menyebutnya list. variabel list didefinisikan dengan memiliki nilai yang dipisahkan oleh koma dan dilampirkan dalam tanda kurung ([])

Deklarasi tipe data List :

var urutanangka = [1,2,3];

Maps

Maps adalah objek yang digunakan untuk mewakili satu set nilai sebagai satu kesatuan keys dan value. di Maps, baik keys dan value bisa dari semua jenis objek. di Maps, setiap keys hanya dapat di define 1 kali, tetapi value yang sama dapat digunakan beberapa kali. Maps dapat didefinisikan dengan menggunakan kurung kurawal ({})

Deklarasi tipe data Map :

var identifier = { key1:value1, key2:value2 [,…..,key_n:value_n] }

// atau

var user = {'username':'ricky','password':'rickyganteng'};

Dynamic Type

Dart adalah bahasa yang optionally typed. Jika jenis variabel tidak ditentukan secara eksplisit / jelas, jenis variabel itu dinamis. keyword dynamic juga dapat digunakan sebagai jenis anotasi yang jelas.

Deklarasi variabel menggunakan keyword dynamic :

dynamic phi = 3.14;

VS code Hello World Dart

Wowwww!! Selamat! Kalian telah mengetahui tipe data apa saja yang ada pada dart dan penerapannya, bagaimana? menyenangkan bukan?

Penutup

Itulah sedikit pengenalan tipe data Dart dan cara penggunaannya, Kita akan melanjutkan pembahasannya pada series dart berikutnya.

Referensi